Text
Paketan.id
Kapan Lagi Dapat Rp 3,5 Juta Gratis? Yuk Daftar Kartu Pra Kerja!

Kapan Lagi Dapat Rp 3,5 Juta Gratis? Yuk Daftar Kartu Pra Kerja!

Detik.com
Tue, 28 Apr 2020 20:00

Pendaftaran program Kartu Pra Kerja masih terus berlangsung. Sejak dibuka Sabtu (11/4) lalu, sampai hari ini sudah 8,4 juta orang yang melakukan registrasi.

Untuk mengikuti program ini syaratnya cukup mudah, peserta berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Meskipun yang akan lebih diprioritaskan adalah pekerja yang baru saja terkena PHK dan belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

Peserta akan mendapat insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya, Rp 1 juta diberikan untuk biaya pelatihan, ongkos Rp 600 ribu diberikan per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 150 ribu.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi Manajemen Pelaksana Pra Kerja, Panji Winanteya Ruky memberikan tips jika ingin lolos menjadi peserta Kartu Pra Kerja. Menurutnya, masalah yang biasanya membuat tak lolos ke tahap selanjutnya yakni ketika mengunggah foto diri. Selama ini masih banyak calon peserta yang mengunggah foto tidak bisa terbaca oleh sistem.

"Seperti terlalu gelap, terlalu terang, atau tidak menghadap lurus. Atau ada penutup muka atau kepala, atau pakai kacamata. Sehingga sistem sulit mengidentifikasi," urainya.

Untuk itu jika ingin lolos menjadi peserta Kartu Pra Kerja, pastikan betul-betul perhatikan hal kecil yang sangat berpengaruh tersebut. Usahakan juga foto yang diunggah tidak terlalu jauh berbeda dengan Kartu Tanpa Penduduk (KTP), karena akan diverifikasi.

Berikut cara lengkap mendaftar program Kartu Pra Kerja:

1. Pastikan syarat umur dan tidak bekerja serta menempuh pendidikan formal terpenuhi.
2. Buka website www.prakerja.go.id, kemudian klik 'Daftar Sekarang'
3. Isi dan ikuti prosedur pendaftaran yang tersedia, kemudian kirim.
4. Setelah itu data peserta Kartu Pra Kerja akan diverifikasi
5. Bagi yang lolos akan dikirimkan notifikasi melalui email, untuk selanjutnya mendapatkan bantuan dan melakukan pelatihan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kartu Pra Kerja, pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id.

Klik disini untuk halaman asli.
Berita Lainnya
Situs Paketan.id tidak bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan ekspedisi.
Paketan.id Tracking Icon Lacak Paket
Paketan.id Shipping Cost Icon Biaya Pengiriman
Paketan.id History Icon Histori