Text
Paketan.id
Cara Kedai Kopi Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Cara Kedai Kopi Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Detik.com
Thu, 01 Jan 1970 08:00

Roda bisnis berubah drastis akibat pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Perubahan ini juga terasa pada bisnis kedai kopi lokal yang ada di Indonesia.

Hal ini karena biasanya kedai kopi jadi tempat berkumpul, bercengkrama bahkan bekerja. Dengan adanya aturan social distancing, kedai kopi menjadi sepi.

Lalu bagaimana cara mereka tetap bertahan di kondisi pandemi yang dashyat ini?

Elman Kopi (Pondok Betung)

Salah satu pendiri kedai Elman Kopi Pondok Betung, Prabowo Tripuryanto menceritakan sebelum ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kedai tetap buka namun jam operasional berubah.

Kemudian Elman Kopi juga menyediakan tempat cuci tangan, bilik disinfektan dan handsanitizer. Pihaknya juga menutup smooking room area indor, lantai dua, ruang anak dan tempat bermusik.

"Kami juga memberi batas jarak 1,5 meter setiap meja," kata dia saat dihubungi detikcom.

Selain langkah tersebut, sebelum PSBB ini kedai juga memberikan potongan harga untuk makanan dan minuman seharga Rp 25.000 serta menurunkan harga untuk produk lain di aplikasi layanan pesan antar ojek online.

Nah setelahPSBB dilakukan,Elman Kopi tak lagi menerima dine-in. Inovasi kembali dilakukan yaitu menurunkan harga makanan hingga 20%. Ada juga menu sharing kopi susu 1 liter dengan berbagai varian rasa.



Pendiri Elman Kopi Pondok Betung lainnya Nilwan Putu mengatakan menu Sering Sharing ini ternyata sangat membantu pendapatan harian kedai.

Pemesanan bisa dilakukan langsung lewat DM Instagram Elman Kopi, take away ke toko atau melalui Tokopedia. "Ngebantu banget ke pendapatan harian kami. Kami juga ada fasilitas free ongkir dengan jarak 3km dari toko. Ini berlaku untuk menu Sering Sharing atau pesan makanan+minuman minimal Rp 50.000," jelas dia.

Menurut Nilwan, menu Sering Sharing ini awalnya berukuran 300ml dan akan diluncurkan saat Ramadan. Namun pandemi membuat mereka memutuskan untuk membuat kemasan besar 1000ml. "Jadi Kawan Baik (sebutan untuk pelanggan Elman Kopi) bisa beraktivitas #dirumahaja sambil ngopi santai," ujarnya.

Nilwan mengatakan, dia selalu memastikan pengiriman tetap aman yakni dengan membungkus kopi dengan bubble wrap. Hal ini agar kopi susu tidak kena sinar matahari langsung. Sedangkan untuk makanan, selalu menggunakan wadah yang aman.

Harga yang dibanderol untuk varian original mulai dari Rp 80.000 dan varian lain Rp 90.000. Seluruh menu yang ada di Elman Kopi bisa dipesan lewat delivery seperti rice bowl, kopi susu, non coffee, espresso base, pasta dan appetizer seperti kentang goreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Klik disini untuk halaman asli.
Berita Lainnya
Situs Paketan.id tidak bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan ekspedisi.
Paketan.id Tracking Icon Lacak Paket
Paketan.id Shipping Cost Icon Biaya Pengiriman
Paketan.id History Icon Histori