Text
Paketan.id
Asteroid Sebesar Stadion Akan Lewati Bumi pada Sabtu Besok

Asteroid Sebesar Stadion Akan Lewati Bumi pada Sabtu Besok

Detik.com
Fri, 05 Jun 2020 17:32

Asteroid raksasa seukuran stadion akan melintasi Bumi pada Sabtu (6/6) ini. NASA pun terus mengawasi asteroid ini.

NASA telah mengawasi asteroid tersebut dan asteroid lainnya yang akan menghampiri Bumi dengan jarak dekat lewat Center for Near Earth Object Studies (CNEOS). Menurut data CNEOS, ada beberapa objek angkasa yang akan melewati Bumi pada akhir pekan ini, termasuk asteroid 2002 NN4.

Dikutip detikINET dari USA Today, Jumat (5/6/2020) asteroid tersebut diperkirakan memiliki diameter sepanjang 250-570 meter. Menurut dosen fisika di Florida Gulf Coast University, Derek Buzasi asteroid ini berukuran lebih besar dari 90% asteroid yang ada dan ia menyamakan ukurannya dengan lapangan rugby.

Ada juga yang menyamakannya dengan gedung Empire State yang merupakan ikon New York City. Gedung pencakar langit itu memiliki tinggi 426 meter hingga ujung puncaknya.

Asteroid ini meluncur di angkasa dengan kecepatan 32 ribu km/jam, yang menurut Buzasi jika asteroid ini menabrak Bumi akan mengakibatkan kerusakan yang berbahaya bagi kehidupan.

Untungnya, NASA memprediksi 2002 NN4 akan melewati Bumi dengan jarak lebih dari 4,8 juta km, atau 13 kali lebih jauh dari jarak antara Bumi dengan Bulan. Jalur yang dilewati batu angkasa ini diperkirakan akan bervariasi sekitar 201 km.

"Secara singkat, 2002 NN4 adalah asteroid yang telah diketahui dengan orbit yang akan melewati Bumi dengan jarak yang sangat aman," kata Ian J. O'Neill dari Jet Propulsion Laboratory NASA.

Asteroid ini akan mendekati Bumi pada akhir pekan ini sebelum mengikuti orbitnya menuju sekeliling tata surya. Asteroid 2002 NN4 nantinya akan kembali mendekati Bumi lagi pada 2029 mendatang.

Klik disini untuk halaman asli.
Berita Lainnya
Situs Paketan.id tidak bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan ekspedisi.
Paketan.id Tracking Icon Lacak Paket
Paketan.id Shipping Cost Icon Biaya Pengiriman
Paketan.id History Icon Histori